Kamis, 25 Oktober 2018

MAKALAH E-Bisnis

MAKALAH E BUSINESS



NAMA DOSEN: INDAH HARTATI , S.KOM., M.T.I
   NAMA MAHASISWA:                            
YENI SUSANTI
165100114
MATA KULIAH: E BUSINESS
PROGRAM STUDI: STMIK / SI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TAHUN AJARAN 2016/2017







KATA PENGANTAR

           
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul E-Business (Electronic Business). Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Konsep E-Business di Program Study Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mitra Indonesia, Bandar Lampung. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

                                                                                         Bandar Lampung, 15 Oktober 2018



















Daftar Isi
COVER..............................................................................................................................
KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. iii
       1.1      Latar Belakang.......................................................................................................... 1
       1.2      Rumusan Masalah..................................................................................................... 1
       1.3      Tujuan Penulisan....................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................. 3
2.1. Pengertian E-bisnis  ................................................................................................  3
2.2. Latar Belakang E-bisnis   ..........................................................................................  4
2.3. Manfaat dan Hambatan E-bisniss  ........................................................................... 5
2.4. Ikalan Baris  ...............................................................................................................  6

BAB III  PENUTUP......................................................................................................... 9
3.1   Kesimpulan................................................................................................................ 9
3.2   Saran........................................................................................................................... 9

Daftar Pustaka................................................................................................................... 10
 


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.          Latar Belakang

      Di era globalisasi ini, kita di tuntut untuk mempunyai lapangan pekerjaan sendiri.Begitu juga dengan perkembangan ilmu komputer yang mampu memudahkan kegiatan manusia yang selalu berkembang dari zaman ke zaman.
Perkembangan komputer memberi  kita kemudahan dalam bekerja, mencari kerja serta dengan perkembangan ilmu komputer kita dapat menghasilkan uang.

Atas dasar inilah penulis membahas masalah e-bisnis dan juga penerapanya dengan situs www.iklanbaris.co.id sebagai acuan kita.dimana yang merupakan salah satu cara untuk memudahkan kita untuk bertransaksi baik itu dalam proses membeli maupun menjual produk yang kita hasilkan, serta dengan mempelajari e-bisnis kita dapat menghasilkan uang sekaligus membantu orang lain dalam hal proses suatu transaksi.




2.2.          Rumusan Masalah

a.       Mengetahui Pengertian E-Bisnis?
b.        Mengetahui Latar Belakang E-Bisnis?
c.          Mengetahui Manfaat E-Bisnis?
d.      Mengetahui Komponen Dasar E-Bisnis?
e.        Mengetahui Langkah-Langkah Bisnis Dalam E-Bisnis?
f.        Mengetahui Transaksi E-Bisnis?
g.       Mengetahui Hambatan E-Bisnis?
h.       Mengetahui Pengertian Iklan Baris dan Hal Yang Menyangkut Iklan Baris ?









2.3  Tujuan
a.       Untuk Mengetahui Pengertian E-Bisnis?
b.      Untuk Mengetahui Latar Belakang E-Bisnis?
c.        Untuk Mengetahui Manfaat E-Bisnis?
d.      Untuk Mengetahui  Komponen Dasar E-Bisnis?
e.       Untuk Mengetahui Langkah-Langkah Bisnis Dalam E-Bisnis?
f.        Untuk Mengetahui Transaksi E-Bisnis?
g.       Untuk Mengetahui Hambatan E-Bisnis?
h.      Untuk Mengetahui Pengertian Iklan Baris dan Hal Yang Menyangkut Iklan Baris
























BAB II
PEMBAHASAN


2.1.          Pengertian E-bisnis

E-bisnis (Inggris: Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Dapat juga di artikan Pemanfaatan Internet untuk menciptakan operasi bisnis secara online.e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi.
Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja.Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran).Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet.Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

2.2.          Latar Belakang E-bisnis

Saat ini perkembangan Teknologi Informasi begitu pesatnya sehingga proses transaksi bisnis juga berubah total. Di dunia transaksi melalui dunia maya sudah mencapai angka yang sangat tinggi saat ini.Di Amerika saja perkembangan internet sudah pada tahap dimana telah terjadi pasar bebas di bidang bisnis di internet yang didukung oleh pihak legislatif.Bill Clinton adalah salah satu politisi yang sangat mendukung bahwa zona internet bebas dari pajak negara bagian. Tujuannya tak lain adalah agar dapat meningkatkan perekonomian rakyat amerika terutama home industry.

Ada beberapa alasan mengapa orang begitu tertarik untuk memulai bisnis di Internet antara lain :
180 juta orang amerika menggunakan internet setidaknya sekali sebulan,
Tahun 2005 ada sekitar 1.08 milyar penduduk dunia menggunakan internet sedidaknya sekali sebulan. Diprediksikan pertumbuhannya akan mencapai 2 milyar penduduk dunia pada tahun 2010.
Pendapatan rata-rata dari bisnis internet di rumahan adalah mencapai $66,790 (angka thn 2005) membuat internet suatu pasar yang sangat menarik.
Popularitas e-business yang dimulaidi awal abad 20 didorong oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu :
a)      faktor pasar dan ekonomi, yang mana diantaranya kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepakatan dagang regional, dan kekuasaan konsumen (bargaining power of buyer) yang semakin bertambah besar.
b)      faktor sosial dan lingkungan, seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik.
c)      faktor teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi yang muncul hampir setiap waktu, information overload, dan berkurangnya rasio biaya.



2.3.          Manfaat dan Hambatan E-Bisnis

a.      Manfaat E-bisnis:
a)      Bagi Perusahaan Atau Pebisnis Perorangan
·         Memperpendek jarak
·         Perluasan pasar
·         Perluasan jaringan mitra kerja
·         Biaya terkendal
·         Efisien
·         Cash flow terjamin
·         Manfaat lainya
b)      Bagi Konsumen
·         Efektif
·         Biaya terkendali
·           Aman secara fisik
·         Harga murah
·         Fleksibel
c)      Bagi Masyarakat Pada Umumnya
·         Peluang kerja baru
·         Wahana kompetisi
d)     Bagi Dunia Akademis
·         Tantangan baru
·         Para peneliti tertantang untuk melakukan analisis terhadap pergeseran pola bisnis.
·           Membuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidikan



b.     Hambatan E-Bisnis:
Beberapa hambatan-hambatan yang ada tentang implementasi E-Business adalah sebagai berikut:
a.    Belum terbentuknya high trust society. Perubahan pola belanja konsumen dari pola konvensional kepada virtual. Masyarakat masih terbiasa membeli dengan memegang barang yang akan dibeli dan menanyakan sedetail mungkin tentang produk yang kan mereka beli.
b.    Pada umumnya harga tidak bisa ditawar lagi. Tidak seperti pasar tradisioanal proses transaksi melalui proses tawar-menawar.
c.    Sarana dan prasarana masih belum memadai.
 d.   Masih sangat sedikit SDM yang memahami dan menguasai dengan baik dan benar      konsep  dan implementasi teknologi ini.
e.    Jasa pengiriman pos. masih memerlukan pembenahan, sehingga proses pengiriman barang tidak terlalu lama sampai kepada tangan pembeli.
f.     Adanya tindak kejahatan penyalahgunaan kartu kredit.
g.    Perbedaan flatform antar perusahaan.
h.    Penjual dan pembeli masih menunggu sampai sistem E-Business stabil dan aman.
i.      E-Business masih dipandang sebelah mata sebagai sistem yang sulit digunakan.
j.      Perubahan pola konsumen menjadi aktif. Etika dan moralitas, E-Business belum      mendapatkan tempat yang tepat sehingga banyak disalahgunakan menjadi penjajakan bisnis pornografi.




c.      Komponen Dasar E-Business

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas E-Business tersebut, dibutuhkan komponen-komponen sebagai berikut:
a.       Alat pembayaran.
b.      Virtual Shop yang dibangun dalam sebuah home pages.
c.       Jalur pembelanjaan yang jelas agar dapat memberi jaminan terhadap perusahaan penjual produk untuk memperoleh pembayaran dari pembeli.



d.       Langkah-Langkah Bisnis dalam E-Business
Langkah-langkah dalam E-Business secara umum terdiri dari tiga, ialah:
a.       Perusahaan mempublikasikan WEB site E-Business kepada masyarakat, halaman tersebut diharapkan mempunyai tampilan yang menarik.
b.      Calon pembeli dapat memilih produk dan mengisi formulir transaksi elektronik dengan mencatumkan nomor kartu kredit atau bukti transfer bank. Sebagai alat bukti pembayaran.
c.       Setelah proses pembayaran produk yang dipesan akan dikirim oleh penjualan kepada pembeli sesuai dengan alamat yang tercantum dalam formulir transaksi.


e.      Transaksi E-Business
Hampir mirip dengan proses transaksi pasar tradisional, secara rinci adalah sebagai berikut:
a.       Pemilihan produk yang dilakukan melalui katalog produk yang telah disediakan pada situs E-Business.
b.      Inisialisasi pembelian. Pada tahap ini pembeli melakukan pengisian form yang telah disediakan dan ditampilkan pada layar monitor lengkap dengan model pembayaran yang diinginkan. Sedangkan penjual akan mengidentifikasi produk yang dipesan.
c.       Permintaan otorisasi. Pada tahap ini penjual meminta otorisasi dari bank yang mengeluarkan kartu kredit atau uang digital atau bukti transfer milik pembeli.
d.      Otorisasi pada tahap ini bank melakukan otorisasi seperlunya.
e.       Pengiriman barang. Setelah semua proses telah dilalui proses pengiriman barang dilakukan.


2.4.          Iklan Baris

a.      Pengertian

Iklan Baris merupakan salah satu situs Bozz.com (PT Bitnet Komunikasindo) yang membantu kita untuk mempromosikan usaha Anda melalui Internet maupun mobile Internet, seperti menjual barang, menawarkan jasa, atau mencari barang. Berbagai  kategori iklan yang tersedia, mulai dari barang seni, alat komputer, elektronik, properti, makanan sampai binatang peliharaan dan persahabatan.
Dengan menggunakan berbagai fasilitas situs Iklan Baris, anda terbebas dari biaya pemasangan iklan,waktu dan tempat. Iklan Baris menjangkau seluruh pengguna Internet baik didalam negeri dan luar  negeri. Sehingga iklan anda pun dapat menjangkau pemirsa yang lebih luas melalui pengunjungnya yang semakin hari semakin meningkat.  Selain kemudahan lain seperti iklan yang langsung ditayangkan tanpa perlu menunggu, kemudahan mengganti isi iklan, menghapusnya, ataupun Anda  mencari iklan yang diinginkan.
Mungkin kita sudah mengetahui banyak situs web serupa yang menawarkan layanan yang serupa. Di antara semua situs web iklan di Indonesia, Iklan Baris merupakan situs iklan pertama di Indonesia  yang paling banyak dikunjungi. Dengan 10,000 pengunjung dan 2000 iklan baru setiap harinya, secara de-facto Iklan Baris merupakan ajang jual-beli paling popular di Internet. Tidak hanya itu, IklanBaris secara berkala senantiasa mengembangkan  dan melengkapi fitur-fiturnya berdasarkan masukkan anggotanya maupun perkembangan Internet. Sehingga situs ini menjadi sangat efektif dan mudah digunakan sesuai informasi didalamnya.








b.      Fitur-Fitur Iklan Baris

Iklanbaritelah berusaha dan akan terus berusaha mengembangkanfitur fitur kami. Untuk
saat ini fitur yang anda bisanikmati adalah :
·         Pelanggan sudah tidak ada kesulitan untuk bergabung tanpa menunggu approval dari admin.
·         Sudah bisa menggunakan avatar.
·         Bisa berkomentar di setiap iklan.
·           Bisa menikmati fasilitas gambar lebih dari 1 (satu) secara gratis.
·         Terdapat Forum iklanbaris.co.id yang bisa digunakan untuk sekedar berbagi informasi mengenai seputar iklanbaris.co.id.
·         Me-Ratting sebuah iklan.
·           Terdapat billboard (Advertorial) yang bisa menjelaskan iklan secara detail.
Fitur akan kami kembangkan terus sesuai dengan masukan dari pengguna iklanbaris.co.id.
















BAB III
Penutup

3.1.  Kesimpulan
            Berdasarkan dari uraian sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
·         E– Business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor Pemerintah dan media massa dan juga termasuk pengggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.
·         Internet sangat beperan penting dalam proses E-Busieness dimana Internet memberikan  dukungan yang mutakhir pada usaha untuk melakukan perekayasaan ulang proses bisnis, Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online.

3.2.  Saran
            Berikut ini Penulis mengemukakan saran yang sekiranya dapat bermanfaat :
E – Business harus terus dikembangkan lagi agar para konsumen menjadi lebih merasa puas atas semua fasilitas yang ada.














DAFTAR PUSTAKA


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.