NAMA DOSEN: INDAH HARTATI , S.KOM., M.T.I
NAMA MAHASISWA:
YENI SUSANTI
165100114
MATA KULIAH: E BUSINESS
PROGRAM STUDI: STMIK / SI
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
TAHUN AJARAN 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke
hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya penulis dapat
menyelesaikan makalah yang berjudul E-Business (Electronic Business). Makalah
ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Konsep E-Business di Program Study
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mitra Indonesia, Bandar Lampung. Penulis
mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga
makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan
informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan
bagi kita semua.
Bandar Lampung, 15 Oktober 2018
Daftar Isi
COVER..............................................................................................................................
KATA PENGANTAR......................................................................................................
i
DAFTAR ISI.....................................................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................
iii
1.1
Latar
Belakang..........................................................................................................
1
1.2
Rumusan Masalah.....................................................................................................
1
1.3
Tujuan
Penulisan.......................................................................................................
2
BAB II PEMBAHASAN..................................................................................................
3
2.1. Pengertian E-bisnis ................................................................................................ 3
2.2. Latar Belakang E-bisnis .......................................................................................... 4
2.3. Manfaat dan Hambatan E-bisniss ........................................................................... 5
2.4. Ikalan Baris ............................................................................................................... 6
2.4. Ikalan Baris ............................................................................................................... 6
BAB III PENUTUP.........................................................................................................
9
3.1 Kesimpulan................................................................................................................
9
3.2 Saran...........................................................................................................................
9
Daftar Pustaka...................................................................................................................
10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Di era globalisasi ini, kita di tuntut untuk mempunyai lapangan pekerjaan
sendiri.Begitu juga dengan perkembangan ilmu komputer yang mampu memudahkan
kegiatan manusia yang selalu berkembang dari zaman ke zaman.
Perkembangan komputer
memberi kita kemudahan dalam bekerja,
mencari kerja serta dengan perkembangan ilmu komputer kita dapat menghasilkan
uang.
Atas dasar inilah penulis
membahas masalah e-bisnis dan juga penerapanya dengan situs www.iklanbaris.co.id sebagai acuan kita.dimana
yang merupakan salah satu cara untuk memudahkan kita untuk bertransaksi baik
itu dalam proses membeli maupun menjual produk yang kita hasilkan, serta dengan
mempelajari e-bisnis kita dapat menghasilkan uang sekaligus membantu orang lain
dalam hal proses suatu transaksi.
2.2.
Rumusan Masalah
a.
Mengetahui Pengertian E-Bisnis?
b.
Mengetahui Latar Belakang E-Bisnis?
c.
Mengetahui Manfaat E-Bisnis?
d.
Mengetahui Komponen Dasar E-Bisnis?
e.
Mengetahui Langkah-Langkah Bisnis
Dalam E-Bisnis?
f.
Mengetahui Transaksi E-Bisnis?
g.
Mengetahui Hambatan E-Bisnis?
h.
Mengetahui Pengertian Iklan Baris
dan Hal Yang Menyangkut Iklan Baris ?
2.3 Tujuan
a.
Untuk Mengetahui Pengertian E-Bisnis?
b.
Untuk Mengetahui Latar Belakang E-Bisnis?
c.
Untuk Mengetahui Manfaat E-Bisnis?
d.
Untuk Mengetahui Komponen Dasar
E-Bisnis?
e.
Untuk Mengetahui Langkah-Langkah Bisnis Dalam E-Bisnis?
f.
Untuk Mengetahui Transaksi E-Bisnis?
g.
Untuk Mengetahui Hambatan E-Bisnis?
h.
Untuk Mengetahui Pengertian Iklan Baris dan Hal Yang Menyangkut Iklan Baris
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian E-bisnis
E-bisnis (Inggris: Electronic Business, atau "E-business")
dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Dapat juga di artikan
Pemanfaatan Internet untuk menciptakan operasi bisnis secara online.e-Business
atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis
yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi.
Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja.Dalam
hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis
meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik,
termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran).Sebagai bagian
dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www
atau Internet.Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal
untuk menambah revenu dari perusahaan.
Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis
termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing),
manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik,
penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
2.2.
Latar Belakang E-bisnis
Saat ini perkembangan
Teknologi Informasi begitu pesatnya sehingga proses transaksi bisnis juga
berubah total. Di dunia transaksi melalui dunia maya sudah mencapai angka yang
sangat tinggi saat ini.Di Amerika saja perkembangan internet sudah pada tahap
dimana telah terjadi pasar bebas di bidang bisnis di internet yang didukung
oleh pihak legislatif.Bill Clinton adalah salah satu politisi yang sangat
mendukung bahwa zona internet bebas dari pajak negara bagian. Tujuannya tak
lain adalah agar dapat meningkatkan perekonomian rakyat amerika terutama home
industry.
Ada beberapa alasan mengapa
orang begitu tertarik untuk memulai bisnis di Internet antara lain :
180 juta orang amerika
menggunakan internet setidaknya sekali sebulan,
Tahun 2005 ada sekitar 1.08 milyar penduduk dunia menggunakan internet sedidaknya sekali sebulan. Diprediksikan pertumbuhannya akan mencapai 2 milyar penduduk dunia pada tahun 2010.
Tahun 2005 ada sekitar 1.08 milyar penduduk dunia menggunakan internet sedidaknya sekali sebulan. Diprediksikan pertumbuhannya akan mencapai 2 milyar penduduk dunia pada tahun 2010.
Pendapatan rata-rata dari
bisnis internet di rumahan adalah mencapai $66,790 (angka thn 2005) membuat
internet suatu pasar yang sangat menarik.
Popularitas e-business yang
dimulaidi awal abad 20 didorong oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu :
a) faktor pasar dan
ekonomi, yang mana diantaranya kompetisi yang semakin intensif, perekonomian
global, kesepakatan dagang regional, dan kekuasaan konsumen (bargaining power
of buyer) yang semakin bertambah besar.
b) faktor sosial dan
lingkungan, seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi
pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung
jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik.
c) faktor teknologi,
meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi yang muncul
hampir setiap waktu, information overload, dan berkurangnya rasio biaya.
2.3.
Manfaat dan Hambatan E-Bisnis
a.
Manfaat E-bisnis:
a)
Bagi Perusahaan Atau Pebisnis
Perorangan
·
Memperpendek jarak
·
Perluasan pasar
·
Perluasan jaringan mitra kerja
·
Biaya terkendal
·
Efisien
·
Cash flow terjamin
·
Manfaat lainya
b)
Bagi Konsumen
·
Efektif
·
Biaya terkendali
·
Aman secara fisik
·
Harga murah
·
Fleksibel
c)
Bagi Masyarakat Pada Umumnya
·
Peluang kerja baru
·
Wahana kompetisi
d) Bagi Dunia Akademis
·
Tantangan baru
·
Para peneliti tertantang untuk melakukan analisis terhadap pergeseran pola
bisnis.
·
Membuka kerangka baru dalam
penjualan jasa pendidikan
b.
Hambatan E-Bisnis:
Beberapa hambatan-hambatan yang ada tentang implementasi E-Business adalah
sebagai berikut:
a. Belum
terbentuknya high trust society. Perubahan pola belanja konsumen dari pola
konvensional kepada virtual. Masyarakat masih terbiasa membeli dengan memegang
barang yang akan dibeli dan menanyakan sedetail mungkin tentang produk yang kan
mereka beli.
b. Pada
umumnya harga tidak bisa ditawar lagi. Tidak seperti pasar tradisioanal proses
transaksi melalui proses tawar-menawar.
c. Sarana
dan prasarana masih belum memadai.
d. Masih sangat
sedikit SDM yang memahami dan menguasai dengan baik dan benar konsep dan implementasi teknologi
ini.
e. Jasa
pengiriman pos. masih memerlukan pembenahan, sehingga proses pengiriman barang
tidak terlalu lama sampai kepada tangan pembeli.
f.
Adanya tindak kejahatan penyalahgunaan kartu kredit.
g. Perbedaan flatform antar
perusahaan.
h. Penjual dan pembeli masih
menunggu sampai sistem E-Business stabil dan aman.
i. E-Business masih
dipandang sebelah mata sebagai sistem yang sulit digunakan.
j.
Perubahan pola konsumen menjadi aktif. Etika dan moralitas, E-Business belum mendapatkan tempat yang tepat
sehingga banyak disalahgunakan menjadi penjajakan bisnis pornografi.
c. Komponen Dasar E-Business
Untuk dapat memanfaatkan
fasilitas E-Business tersebut, dibutuhkan komponen-komponen sebagai berikut:
a. Alat pembayaran.
b. Virtual Shop yang dibangun dalam sebuah
home pages.
c. Jalur pembelanjaan yang jelas agar
dapat memberi jaminan terhadap perusahaan penjual produk untuk memperoleh
pembayaran dari pembeli.
d.
Langkah-Langkah Bisnis dalam E-Business
Langkah-langkah dalam E-Business secara umum terdiri dari tiga, ialah:
a.
Perusahaan mempublikasikan WEB site E-Business kepada masyarakat, halaman
tersebut diharapkan mempunyai tampilan yang menarik.
b.
Calon pembeli dapat memilih produk dan mengisi formulir transaksi elektronik
dengan mencatumkan nomor kartu kredit atau bukti transfer bank. Sebagai alat
bukti pembayaran.
c.
Setelah proses pembayaran produk yang dipesan akan dikirim oleh penjualan
kepada pembeli sesuai dengan alamat yang tercantum dalam formulir transaksi.
e.
Transaksi E-Business
Hampir mirip dengan proses
transaksi pasar tradisional, secara rinci adalah sebagai berikut:
a.
Pemilihan produk yang dilakukan melalui katalog produk yang telah disediakan
pada situs E-Business.
b.
Inisialisasi pembelian. Pada tahap ini pembeli melakukan pengisian form yang telah
disediakan dan ditampilkan pada layar monitor lengkap dengan model pembayaran
yang diinginkan. Sedangkan penjual akan mengidentifikasi produk yang dipesan.
c.
Permintaan otorisasi. Pada tahap ini penjual meminta otorisasi dari bank yang
mengeluarkan kartu kredit atau uang digital atau bukti transfer milik pembeli.
d. Otorisasi pada tahap
ini bank melakukan otorisasi seperlunya.
e.
Pengiriman barang. Setelah semua proses telah dilalui proses pengiriman barang
dilakukan.
2.4.
Iklan Baris
a.
Pengertian
Iklan Baris merupakan salah
satu situs Bozz.com (PT Bitnet Komunikasindo) yang membantu kita untuk
mempromosikan usaha Anda melalui Internet maupun mobile Internet, seperti
menjual barang, menawarkan jasa, atau mencari barang. Berbagai kategori
iklan yang tersedia, mulai dari barang seni, alat komputer, elektronik,
properti, makanan sampai binatang peliharaan dan persahabatan.
Dengan menggunakan berbagai
fasilitas situs Iklan Baris, anda terbebas dari biaya pemasangan iklan,waktu
dan tempat. Iklan Baris menjangkau seluruh pengguna Internet baik didalam
negeri dan luar negeri. Sehingga iklan anda pun dapat menjangkau pemirsa
yang lebih luas melalui pengunjungnya yang semakin hari semakin
meningkat. Selain kemudahan lain seperti iklan yang langsung ditayangkan
tanpa perlu menunggu, kemudahan mengganti isi iklan, menghapusnya, ataupun
Anda mencari iklan yang diinginkan.
Mungkin kita sudah mengetahui
banyak situs web serupa yang menawarkan layanan yang serupa. Di antara semua
situs web iklan di Indonesia, Iklan Baris merupakan situs iklan pertama di
Indonesia yang paling banyak dikunjungi. Dengan 10,000 pengunjung dan
2000 iklan baru setiap harinya, secara de-facto Iklan Baris merupakan ajang
jual-beli paling popular di Internet. Tidak hanya itu, IklanBaris secara
berkala senantiasa mengembangkan dan melengkapi fitur-fiturnya
berdasarkan masukkan anggotanya maupun perkembangan Internet. Sehingga situs
ini menjadi sangat efektif dan mudah digunakan sesuai informasi didalamnya.
b.
Fitur-Fitur Iklan Baris
Iklanbaritelah
berusaha dan akan terus berusaha mengembangkanfitur fitur kami. Untuk
saat ini fitur yang anda
bisanikmati adalah :
·
Pelanggan sudah tidak ada kesulitan untuk bergabung tanpa menunggu approval
dari admin.
·
Sudah bisa menggunakan avatar.
·
Bisa berkomentar di setiap iklan.
·
Bisa menikmati fasilitas
gambar lebih dari 1 (satu) secara gratis.
·
Terdapat Forum iklanbaris.co.id yang bisa digunakan untuk sekedar berbagi
informasi mengenai seputar iklanbaris.co.id.
·
Me-Ratting sebuah iklan.
·
Terdapat billboard
(Advertorial) yang bisa menjelaskan iklan secara detail.
Fitur akan kami kembangkan
terus sesuai dengan masukan dari pengguna iklanbaris.co.id.
BAB III
Penutup
3.1. Kesimpulan
Berdasarkan dari uraian sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
Berdasarkan dari uraian sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :
·
E– Business merupakan interaksi eksternal organisasi
dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor Pemerintah dan media massa
dan juga termasuk pengggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali
proses internalnya.
·
Internet sangat beperan penting dalam proses
E-Busieness dimana Internet memberikan dukungan yang mutakhir pada usaha
untuk melakukan perekayasaan ulang proses bisnis, Electronic business
(e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk
teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk
didalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi,
membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan,
berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online.
3.2. Saran
Berikut ini Penulis mengemukakan saran yang sekiranya dapat bermanfaat :
E – Business harus terus dikembangkan lagi agar para konsumen menjadi lebih merasa puas atas semua fasilitas yang ada.
Berikut ini Penulis mengemukakan saran yang sekiranya dapat bermanfaat :
E – Business harus terus dikembangkan lagi agar para konsumen menjadi lebih merasa puas atas semua fasilitas yang ada.
DAFTAR PUSTAKA
http://okagn.wordpress.com/2009/12/16/catatan-kuliah-ksi-lanjut-1-peranan-internet-dalam-e-business/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.